Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba menyelenggarakan “In House Training Public Speaking” dan Pelatihan Jurnalistik di Lingkungan Kabupaten Musi Banyuasin.

Secara resmi kegiatan pelatihan ini di buka oleh Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Zabidi SE MM, Rabu (1/12/2021) bertempat di Auditorium Pemkab Muba.

Dalam arahannya Zabidi mengatakan, kemampuan berbicara di depan umum (Public Speaking) saat ini menjadi salah satu kebutuhan penting dalam organisasi. Beberapa aktifitas kerja dalam organisasi seperti presentasi, penyajian berita di media sosial dan lainnya, memerlukan kemampuan public speaking dan jurnalistik yang handal.

“Untuk itu, kemampuan public speaking harus terus dikembangkan, salah satunya dengan kegiatan training seperti ini. Dengan adanya “in house training public speaking dan pelatihan jurnalistik” diharapkan mampu membentuk mindset tentang pentingnya public speaking serta kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam menjalankan tugas, mampu merencanakan dan menyusun materi presentasi, berita atau tulisan dengan sempurna,”ujarnya.

Lanjutnya, memasuki era teknologi media massa saat ini merupakan salah satu hal penting dalam sebuah organisasi atau instansi, baik berupa media cetak Media Elektronik maupun media sosial . Sebagai bidang kehumasan dari semua satuan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Muba, harus dapat memiliki keterampilan public speaking dan jurnalistik tentang gaya penulisan online, teknik menulis informasi untuk menyajikan berita program kerja masing masing opd ke Punlik , dan bahasa jurnalistik. Dapat mengambil foto dan membuat vidio menarik untuk konten berita online dan Media Sosial

“Setiap OPD diharapkan wajib memiliki portal berupa website, sebagai wadah interaktif jurnal informasi dan pembangunan daerah, serta mensosialisasikan kebijakan program pemerintah dan informasi kepada seluruh masyarakat baik di Muba dan diluar Muba . Jadi, media dari setiap instansi ini dapat digunakan untuk menyampaikan, segala informasi yang mudah diakses oleh masyarakat yang sudah tersaji dengan baik dan menarik,”ulasnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP menyampaikan bahwa , kegiatan “In House Training Public Speaking” dan Pelatihan Jurnalistik merupakan bentuk untuk mengoptimalkan sosial media dan website diseluruh OPD yang Telah tersedia supaya berita atau informasi yang disajikan ke publik lebih menarik menarik dan diharpakan dapat mengundang banyak pembaca.

Pelatihan ini juga akan membawa audiens untuk melatih berkomunikasi melalui kata-kata baik secara tertulis maupun lisan. Dalam kesempatan yang sama, kegiatan ini juga menghadirkan pemateri yang sudah expert dibidangnya dari Associate Trainer Cindo Citra yakni, Feby Yoland Effendy SIP MSi. Ferdi Kawi ST CT NNLP CPS dan Fatkurohman.

“Semoga melalui pelatihan ini, mampu membentuk mindset tentang pentingnya public speaking serta kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam menjalankan tugas Pelayanan kita ke publik Mampu menyusun tulisan berita dan konten yang menarik di website OPD dan medsos OPD sebagai wadah informasi dan sosialisasi kebijakan program pemerintah. Serta, semua portal website yang ada di setiap instansi Muba dapat di update secara terus menerus sehingga setiap informasi yang disampaikan kepada publik informasi yang terupdate serta tersusun dengan baik ,”tandasnya.

Share:
Comments